Cara Perawatan Batu Aquamarine Asal, Jenis (Batu Biru Laut) ( apakah Aquamarine ? )



Batu Aquamarine (disebut juga batu Biru Laut) adalah batu permata Beryl yang berwarna biru sampai biru kehijauan. Kelompok mineral Beryl yang paling terkenal karena kaya akan kromium-nya adalah batu Zamrud (Emerald), yang merupakan salah satu dari empat batu permata yang sangat berharga, tiga lainnya adalah Berlian (Diamond), batu Merah Delima (Ruby), dan batu Safir (Sapphire). Aquamarine adalah salah satu “batu kelahiran” untuk mereka yang lahir di bulan Maret. Batu ini sangat keras dan memiliki kemilau luar biasa yang seperti kaca. Nama “Aquamarine” sendiri berasal dari bahasa Latin kuno yang berarti “Air Laut”.

Batu akik Aquamarine biru dan batu Zamrud (Emerald) tergolong masih satu keluarga, tetapi mereka sedikit berbeda. Batu permata Aquamarine dan batu Zamrud (Emerald) keduanya merupakan silikat aluminium berilium. Sementara batu Zamrud (Emerald) memiliki warna karena adanya jejak kromium (dan vanadium), sedangkan warna Aquamarine adalah karena adanya unsur besi di dalam kristal beryl yang tidak berwarna. Batu mulia Aquamarine dan batu Zamrud (Emerald) pada dasarnya memiliki berat jenis dan indeks bias yang sama, tapi Clarity atau tingkat kejelasan batu Zamrud (Emerald) cenderung kabur dan penuh dengan inklusi, sementara batu Aquamarine asli memiliki tingkat kejelasan dan transparansi yang sangat baik. Kekerasan Aquamarine sama seperti jenis-jenis Beryl lainnya berkisar antara 7,5 sampai 8 skala Mohs, sehingga cukup keras dan tahan lama. Warna biru tua adalah warna Aquamarine yang paling dicari dan sangat berharga. Morganite, Goshenite, Golden Beryl (Heliodor), Green Beryl dan Bixbite adalah varietas beryl lainnya.


Batu Aquamarine yang asli memiliki rumus kimia Be3Al2(SiO3)6, biasanya dapat diidentifikasi melalui warna biru lautnya yang unik, lebih keras, dan memiliki kemilau seperti kaca. Batu ini memiliki tingkat kejelasan dan transparansi yang sangat baik dibandingkan dengan batu permata lainnya yang sejenis. Intensitas warna dan tingkat kejelasannya adalah kriteria yang paling penting ketika mengevaluasi batu ini, kemudian baru kualitas potongannya. Aquamarine Beryl memiliki warna karena adanya jejak unsur besi, elemen dan struktur kristal bersisi enamnya dapat dengan mudah membedakannya dari batu permata berwarna biru-hijau lainnya.

Seperti halnya warna air laut, warna batu akik Aquamarine asli bisa biru muda, biru tua, biru-hijau dan hijau-biru. Semakin jenuh warnanya semakin tinggi juga harganya, meskipun hampir semua batu ini biasanya berwarna biru muda. Warna biru yang sangat jenuh adalah warna yang paling dicari, tetapi sangat jarang ada yang berukuran besar. Intensitas warna adalah salah satu kriteria yang paling penting ketika mengevaluasi batu permata berwarna, tapi tidak seperti batu permata lainnya, harga Aquamarine tidak akan menurun oleh intensitas warna yang lemah; karena hampir kebanyakan orang lebih mencari batu permata yang mengkristal dengan jelas.

Batu Aquamarine biru laut yang berkualitas adalah yang jernih atau bening ketika dilihat dengan mata. Adanya jejak blok mineral asing adalah hal yang langka, yang menyebabkan efek mata kucing atau Cat Eye (Chatoyancy) atau efek Star (Asterism) dengan enam sinar yang terlihat berkilau. Jenis Aquamarine yang memiliki efek mata kucing biasanya harganya lebih mahal, terlebih lagi yang memiliki efek Star (Star Aquamarine) yang sangat langka dan sangat berharga. Aquamarine memiliki kemilau seperti kaca ketika dipotong dan dipoles dengan baik.

Batu Aquamarine biasanya telah melalui proses treatment Heated (dipanaskan pada suhu yang tinggi untuk meningkatkan warna dan kejelasannya. Treatment ini biasanya dilakukan pada batu mulia jenis Sapphire, Ruby, Tanzanite, Apatite dan Zircon biru), tetapi banyak juga yang tidak melalui treatment. Pemanasan pada suhu rendah akan mengurangi warna hijau dan kekuningan yang tidak diinginkan. Aquamarine dengan warna yang lebih gelap hampir pasti telah melalui proses treatment Heated, serta batu yang berkualitas rendah biasanya dipanaskan pada suhu 725-850 F atau 400-450 C untuk meningkatkan warnanya menjadi Aquamarine biru yang lebih menarik. Pemanasan pada suhu yang lebih tinggi akan merusak warnanya.


Penghasil batu Aquamarine yang paling terkenal adalah Brazil, dengan banyak tambang yang tersebar hampir di seluruh negara tersebut. Deposit lainnya juga ditemukan di Australia, Myanmar (Burma), China, India, Kenya, Madagascar, Mozambique, Namibia, Nigeria, Pakistan, Zambia dan Zimbabwe, dan juga beberapa lokasi di United States. Di Karur, India, baru-baru ini telah menjadi pemasok terbesar Aquamarine.


Batu Aquamarine adalah batu permata dekoratif yang cocok dengan semua warna kulit atau mata, yang membuatnya menjadi favorit di sepanjang masa bagi perempuan di seluruh dunia. Batu ini adalah batu permata yang populer, yang mudah untuk digunakan, banyak tersedia, harga terjangkau, dan terus berkembang karena popularitas dan permintaan yang tiada hentinya. Batu Aquamarine memiliki sifat keras dan tahan lama, yang memenuhi syarat untuk berbagai jenis aplikasi desain perhiasan. Batu Zamrud (Emerald) biasanya diminyaki untuk mengisi patahan dan retakan-retakannya dan untuk meningkatkan warnanya, tetapi batu Aquamarine tidak memerlukan perlakuan khusus dan cocok untuk semua jenis perhiasan, misalnya seperti cincin batu Aquamarine yang dipakai sehari-hari. Batu Aquamarine juga sangat populer digunakan sebagai anting-anting. Selain itu, karena kesempurnaan transparansinya, biasanya juga dipakai sebagai liontin kalung. Selain cincin, liontin dan anting-anting, batu Aquamarine juga sering dijumpai dalam perhiasan berupa gelang, kalung, bros dan masih banyak lagi.

sumber : http://hargabatu.com/

Produk Kami Lainnya :

Posting Komentar

 
ibs(idblogsite)
Copyright © 2013. iNDOTOKO Template Allright reserved.