Asal, Jenis, dan cara Perawatan Batu Golden Beryl (Heliodor)



Beryl adalah salah satu kelompok mineral yang paling penting, jumlahnya sangat berlimpah, tapi sangat jarang yang transparan dan berkualitas permata. Spesimen yang transparan disebut sebagai “Precious Beryl”. Anggota paling terkenal dari keluarga Beryl adalah Emerald (batu Zamrud), dan yang kedua adalah Aquamarine (batu Biru Laut). Meskipun Beryl adalah salah satu kelompok mineral yang paling penting, Golden Beryl adalah yang kurang begitu dikenal oleh masyarakat umum. Beryl populer lainnya adalah Pink Morganite dan White Goshenite. Red Beryl adalah yang paling langka dan dalam perdagangan permata dikenal sebagai “Bixbite”.

Batu Golden Beryl kadang-kadang disebut sebagai “Heliodor”. Namun, banyak yang berpendapat bahwa Heliodor dan Golden Beryl bukanlah permata yang sama. Heliodor biasanya digunakan untuk menggambarkan Beryl yang warnanya lebih muda kuning kehijauan, sedangkan Golden Beryl digunakan untuk yang berwarna lebih hidup dan intens, kuning lemon. Namun, karena tidak ada keputusan resmi, Nama Heliodor dan Golden Beryl biasanya dianggap sama saja. Hanya saja saat ini nama dagang Heliodor sudah jarang digunakan lagi.

Cara mengidentifikasi :


Batu Golden Beryl memiliki kekerasan 7,5 sampai 8 skala Mohs dan ada beberapa permata lainnya yang mirip dengan Golden Beryl, seperti Apatite, Quartz (Kuarsa), Feldspar, Topaz, dan Tourmaline. Namun, Beryl biasanya dapat dengan mudah diidentifikasi dan dibedakan dari permata yang sama melalui pengujian dasar. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengidentifikasi Beryl adalah dengan menguji berat jenis (densitas) dan kekerasannya. Beryl secara signifikan lebih keras daripada Apatite, Quartz, dan Feldspar, tapi sedikit lebih lunak daripada Topaz. Beryl, Topaz, dan Tourmaline juga memiliki sistem dan formasi kristal yang sangat berbeda, sehingga sangat mudah untuk dibedakan.

Beryl memiliki warna yang bervariasi. Varietas yang berwarna kuning kehijauan disebut dengan Helidor atau Golden Beryl. Batu Golden Beryl adalah varietas yang paling umum dari golongan Beryl. Warnanya berkisar mulai dari kuning lemon, kuning kehijauan pucat sampai emas. Warna pada batu Golden Beryl disebabkan karena adanya jejak besi. Beryl juga bisa menampilkan fenomena Pleochroism atau Pleochroic, yaitu warnanya terlihat berbeda ketika diamati dari sudut yang berbeda, terutama dengan cahaya terpolarisasi.

Secara alami, Beryl terbentuk dalam berbagai tingkat kejelasan mulai dari buram tidak tembus cahaya sampai dengan transparan. Yang berkualitas permata adalah yang transparan. Batu Golden Beryl jarang sekali memiliki inklusi dan semuanya hampir selalu jernih ketika dilihat dengan mata. Ketika dipotong dan dipoles dengan baik, Golden Beryl memiliki kemilau seperti berlilin atau cemerlang seperti kaca.

Batu Golden Beryl biasanya dipotong facet untuk mengekspos kecemerlangannya. Batu ini tidak biasanya dipotong model cabochon, kecuali jika memiliki Asterism (efek bintang atau Star) dan Chatoyancy (efek mata kucing). Golden Beryl tersedia dalam berbagai bentuk dan gaya pemotongan. Bentuk-bentuk potongan yang paling umum antara lain oval, pir, bulat, persegi, segitiga, hati, dan bentuk-bentuk unik lainnya. Beryl adalah bahan yang sangat baik untuk diukir dan dijadikan hiasan.

Hampir semua batu Golden Beryl tetap dibiarkan alami tanpa melalui proses treatment untuk memingkatkan warna dan kualitasnya.

Varietas Beryl lainnya yang populer antara lain: Emerald (batu Zamrud), Aquamarine (batu Biru Laut), Morganite, Goshenite, dan Precious Beryl (semua Beryl yang transparan). Sedangkan varietas Beryl yang kurang begitu dikenal antara lain: Bazzite, Bixbite, Green Beryl (bukan Emerald/Zamrud), dan Pezzottaite.


Lokasi :
Spesimen Beryl yang berasal dari Brazil dikenal memiliki kualitas terbaik. Beryl dari Brazil biasanya menunjukkan kejelasan yang sangat baik dan cenderung berukuran jauh lebih besar dari sumber-sumber lain. Lokasi pernambangan penting lainnya adalah di India (Karur), Madagascar, Namibia, Sri Lanka (Ceylon), Nigeria, dan Zimbabwe.


Batu Golden Beryl adalah batu permata yang sangat cocok untuk semua jenis desain perhiasan. Batu ini dianggap cukup keras dan tahan lama. Batu ini juga memiliki tingkat kecemerlangan yang tinggi yang membuatnya menjadi batu permata yang ideal untuk pengaturan terbuka. Golden Beryl tersedia dalam ukuran yang lebih besar dan harganya sangat terjangkau dibandingkan dengan batu permata lainnya. Sempurna digunakan pada cincin atau liontin. Karena hampir selalu bebas dari inklusi dan memiliki warna yang intens dan tajam, desain yang terbaik adalah desain yang memungkinkan cahaya menyorot melaluinya.

Golden Beryl juga bagus untuk manik-manik atau perhiasan yang menguntai, seperti kalung dan gelang. Karena kemiripannya, Golden Beryl sering digunakan sebagai alternatif dari Imperial Topaz yang lebih langka dan lebih mahal. Beryl pada umumnya adalah salah satu batu permata yang paling populer di dunia dan paling favorit karena kekerasan, daya tahan, keterjangkauan, dan keindahannya. Tidak seperti kebanyakan batu permata berwarna langka lainnya, Beryl sering mudah ditemukan di toko-toko perhiasan lokal.

sumber : http://hargabatu.com/batu-golden-beryl-heliodor

Produk Kami Lainnya :

Posting Komentar

 
ibs(idblogsite)
Copyright © 2013. iNDOTOKO Template Allright reserved.